12.Pemisahan Aliran Dan Volume Aliran

Runoff adalah bagian curahan hujan (curah hujan dikurangi evapotranspirasi dan kehilangan air lainnya) yang mengalir dalam air sungai karena gaya gravitasi; airnya berasal dari permukaan maupun dari subpermukaan (sub surface).

Komponen Runoff

Runoff terdiri dari beberapa komponen

bab_12a.swf

Hasil runoff dari DAS di suatu tempat biasanya disajikan dalam bentuk tabel maupun grafik. Grafik yang menggambarkan fenomena aliran (tinggi muka air, debit, kecepatan dll) dan waktunya disebut hidrograf (Hydrograph).

Umumnya ada dua macam hidrograf yaitu :

– Hidrograf Tinggi Muka Air (stage hydrograph)

– Hidrograf Aliran (discharge hydrograph)

Hidrograf tinggi muka air dihasilkan dari rekaman alat yang disebut Automatic Water Level Recorder (AWLR) yang dipasang pada stasiun pengukur aliran sungai (SPAS). Sedang hidrograf aliran diturunkan dari hidrograf tinggi muka air dengan menggunakan “Stage discharge Rating Curve”. Yang dibuat khusus untuk SPAS yang bersangkutan.

discharge-hydrograph.jpg

Tahapan Pembuatan Discharge Hydrograph

1. Straight line method

string1.jpg

2. Fixed Base Length

fixebase2.jpg

3. Variable slope

vslop3.jpg

Metode Pemisahan Aliran

rumus.jpg

Koefisien Runoff ( C )

koefesien_c.jpg

10 Comments

  1. neila

    kalo materi kuliah gini semua, saya bisa jadi sarjana kehutanan online nih pak.. great job and success ya pak Mayong. i-elisa nya mesti akan lebih bagus yah.

  2. iim

    wah pak mayong akeh energine nggawe web,
    fotone sing rodo sumringah ben ora do wedi
    he…he…he…
    selamat anda dah berprestasi

  3. fitrie wulansari

    pak,saya kan mngambil judul skripsi mengenai pola banjir dengan analisa hidrograf satuan..yang pertama kali harus saya lakukan kira2 apa y??
    makasih..

  4. selamat siang pak mayong. pak saya adalah mahasiswa di universitas tanjungpura pontianak. begini pak, saya sekarang sedang tugas akhir. dan tinjauan saya mengenai tata guna lahan menggunakan perhitungan hidrograf. tetapi yang saya gunakan adalah hidrograf SCS (Soil Conservation Services) menurut bapak metode itu bagaimana. karena saya kurang mengerti akan metode tersebut sebab saya kurang bahan dan kurang orang untuk melakukan diskusi. pak bisakah saya diberi gambaran mengenai metode tersebut? terima kasih

  5. pak untuk memisahkan aliran antara base flow dan runnoff jika tidak ada data debit sebelumnya dapat didekati dengan apa?

  6. trisman telaumbanua

    Selamat malam Pak, salam kenal dari saya, (horas),.,. 🙂
    Terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih buat bapak yang mau berbagi ilmu secara online.
    Sekarang saya sdg menyusun skripsi dgn judul “Analisa Hidrograf Sungai Gido Sebua”. Tolong dijelasin ya Pak mengenai Analisa Hidrograf dengan menggunakan metode Snyder dan Nakayasu. Perlu juga saya jelaskan bahwa Sungai yang saya tinjau tidak mempunyai data AWLR.
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuan bapak.

  7. pak, saya pingin mengambil penelitian yang ada hubungannya dengan hidrograf satuan…kira-kira bapak bisa bantu kami carikan literatur difakultas bpk? Ths

  8. itha

    pak mayong yang terhormat, sekarang ini z lagi mencari judul untuk skripsi, kira judul apa yg bagus z ambil jika z ingin mengambil ttg Hidrograf? thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *