Startegi Pengelolaan Ekosistem Karst di Kabupaten Gunung Kidul

Abstrak
Kabupaten Gunung Kidul yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan karst sebenarnya memiliki potensi yang besar terhadap semua sumberdaya yang ada di dalamnya. Potensi sumberdaya alam kawasan karst sebenarnya tidak hanya pada sumberdaya mineral/tambang saja, akan tetapi masih sumberdaya lain yang sangat potensial untuk dikembangkan, yaitu sumberdaya air, sumberdaya lahan, sumberdaya hayati, dan potensi landscape baik dibawah permukaan sebagai goa dan sungai/danau bawah tanah, serta permukaan berupa lembah kering dolin, bukit-bukit karst, dan pantai berdinding terjal.
Karakteristik wilayah di ekosistem karst yang sangat spesifik menimbulkan berbagai permasalahan terutama menyangkut fungsi dan daya dukung ekosistem karst, diantaranya permasalahan tentang kekeringan, kekurangan air, gagal panen, hijauan makanan ternak terbatas, lahan kritis yang luas, kualitas sumberdaya air, rendahnya pendapatan, kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, sarana dan prasarana publik yang tidak tersedia dll.
Sebelum di rancang strategi pengelolaan ekosistem karst, perlu diidentifikasikan terlebih dahulu potensi dan permasalahan yang muncul dari komponen-komponen ekosistem meliputi komponen abiotik, biotik dan sosial. Hasil dari identifikasi potensi dan masalah tersebut dijadikan acuan dalam menyusun strategi pengelolaan ekosistem karst dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip keseimbangan dan kelestarian antar komponen ekosistem.
air, rendahnya pendapatan, kemiskinan dll.

Selengkapnya silahkan download

11 Comments

  1. niken nugraheni

    aku baru baca abstraknya, tar ya tak down load dulu.
    buat masukan tugas ekologi bentang lahan niy…dead line.

  2. irma

    Asssalmualaikum…
    haiii pakkkkkkkkkkk, pa kabar?
    duh yang udah jadi dosen ngetop, sampe udah punya home site sendiri wekekekeekek..
    senangnya… ikutan bangga deh…lagi cari bahan kul tentang karst, eh muncul pak hatma yang guantenggg hehehee…
    lagi sibuk apa sekarang pak? kalo ada proyek, ajak2 dong?
    eh adi sekarang di Bali loh di DKP.Pak mayong udah lulus belum pak?salam yaa..
    gitu aja deh
    miss u
    wassalammualaikum

  3. dedi

    saya mahasiswa upn
    saya mau tanya, bapak punya buku pendiskripsian batuan di daerah hutan wanagama dan buku sejarah tentang Hutan wanagama?
    kalau bapak punya, saya boleh photo copy buku bapak
    untuk bahan TA saya.
    terima kasih sebelumnya.

  4. please, kirimin artikel tentang alasan2 kita bwt menolak eksploitasi kawasan karst, terutama pertambangan yg makin banyak aja!thx b4

  5. Mas,saya minta tolong dunk dijelaskan tentang :
    1. Deskripsi ekosistem Gunung Kidul secara spasial
    2. Aneka macam sub sistem komposisi dan strukturnya
    3. Buatkan perencanaan fungsional antar sub ekosistem

  6. irma lusi

    haloooo pak mayong, apa kabar neh?? wuahhhh yang uda punya web, oceh banget dahhhh!! hahahhaa…. bagus deh, aku kan jadi gampang kalo butuh bahan konservasi, tinggal doun loud ajahhh…
    salam buat temen-temen di jogja yaaa..oia kapan neh kita s3 bareng. eh pak sekalian usul, buat group dong buat s2 geo ugm, 2003, biar tetep kepp in tach gitu.
    misss u pak mayongg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *