11.Pengukuran Debit Suspensi

Muatan suspensi merupakan hasil kejadian erosi baik erosi permukaan maupun erosi tebing sungai. Kadar muatan suspensi adalah banyaknya material suspensi yang dikandung oleh sejumlah air dari aliran sungai dalam satuan volume tertentu, setelah material dikeringkan dan dinyatakan dalam miligram/liter (mg/lt).
Menurut Soewarno (1991), berdasarkan mekanisme pengangkutannya, sedimen dibagi menjadi :

  • Muatan sedimen melayang (suspended load)
    Muatan sedimen melayang merupakan material dasar sungai (bed material) yang melayang di dalam aliran sungai dan terutama terdiri dari butiran-butiran pasir halus.
  • Muatan sedimen dasar (bed load)
    Muatan sedimen dasar berupa partikel-partikel kasar yang bergerak sepanjang dasar sungai.Pengukuran suspensi selalui disertai dengan pengukuran debit.

Perhitungan hasil suspensi dari suatu DAS pada suatu stasiun pengukuran diperkirakan dari analisis muatan suspensi.
Perhitungan Debit Suspensi

  1. Hitung berat suspensiBerat suspensi = g2 – g1g2 = berat filter isig1 = berat filter kosong
  2. Hitung konsentrasi suspensi (Csi)
    rumus-csi.jpg
    Volume air adalah volume air contoh suspensi, dihitung dalam satuan liter.
  3. Konsentrasi suspensi rata-rata (Cs)Pada waktu mengukur debit, diambil beberapa contoh suspensi dalam setiap seksi-seksinya mempunyai konsentrasi suspensi yang berbeda. Berapa suspensi rata-rata pada debit aliran yang bersangkutan.
    rumus-debit-aliran.jpg
  4. Hitung debit suspensiSetiap debit aliran mempunyai atau mengangkut suspensi. Bila diketahui debit aliran sungai dan konsentrasi suspensinya (konsentrasi suspensi pada debit bersangkutan) maka debit suspensi (Qs) dapat dihitung sebagai berikut :Qs = Cs Q

    Qs = debit suspensi (kg/dt) pada debit Q

    Cs = konsentrasi suspensi (kg/m3) pada debit Q

    Q = debit aliran (m3/detik)

    Total suspensi yang diangkut oleh aliran sungai dapat dihitung dengan cara tak langsung, yaitu dengan menggunakan grafik atau rumus regresi hubungan debit dengan debit suspensi.

Bila sudah diperoleh data seperti tersebut di atas, maka langkah selanjutnya membuat hubungan Q dan Qs dengan model :

rumusqs.jpg

a dan b adalah konstanta regresi, dicari dengan teknik regresi biasa dengan terlebih dahulu dilakukan transformasi logaritma dari nilai Qs dan Q.
Kalau model regresi sudah didapat dan ketelitiannya dapat diandalkan, maka debit suspensi dapat diturunkan dari data aliran.

Berdasarkan penelitian-penelitian suspensi pada waktu aliran naik dan turun, meskipun pada tinggi muka air yang sama tetapi memiliki nilai suspensi yang berbeda.
tma.jpg
Perbedaan Konsentrasi Suspensi pada Aliran Naik dan Aliran Turun
Lengkung turun meskipun pada tinggi muka air yang sama atau debit sama. Oleh karena itu untuk studi khusus ini perlu dibuat :
rumus-bawah.jpg

Kalau diketahui presentase muatan dasar (bed load) terhadap muatan suspensi, maka dapat dihitung total sedimen yang keluar dari DAS.

14 Comments

  1. Assalamualikum

    salam kenal saya.aru.
    klo boleh bertanya saya mau tanya bagaimana pengukuran bed load, yang saya ketahui bed load yang didapat langsung di oven selama 24 jam. apakah ada benar dan ada SNI nya?

    terimakasih atas perhatiannya….
    bila tidak memberatkan jawaban pertanyaan dapat di kirim lewat email saya.

    Wassalamualikum

  2. noferiandani

    Pak, saya sedang dalam tahap penyusunan proposal tesis, yang mengkaji tingkat erosi lahan pada sub DAS Lematang Muara Enim Sumatera Selatan, dengan menggunakan perbandingan metode USLE dan dari data debit suspensi dan debit aliran, mohon bantuan refrensi dan keterangan lebih rinci tentang metode debit susp[ensi

  3. assalamualaikum,wr.wb
    apa kabar pak mayong?/ masih inget kan sama saya? saya sudah 2 bln ini kerja di BPDAS Kepri..aku kapan-kapan araep takon tentang hiro aku wis akeh sek lali pak.
    Salam untuk Bu Tutik, Bu Ambar, Pak Pri, mas Sulkan, mbak esti.

    wassalamualaikum wr wb

  4. susan

    mau tanya dong pak…

    Saya mahasiswa Fakultas Geografi UGM angkatan 2006…

    apa ada alat sederhana yang dapat dibuat untuk mengukur sedimen di duatu penampang sungai…???

    Saya butuh informasi tersebut untuk membantu saya dalam tugas akhir saya terima kasih atas kesediaan bapak un tuk meniformasikannya…

    Wassalam…

  5. wenni

    Pak, Saya mau bertanya tentang pengukuran debit suspensi,bisa tidak klu pengambilan pada saat pasang tertinggi dan surut terendah harian saja (2x pengukuran dalam 1 hari)selama tiga hari?karena saya ingin membandingkan pengaruh variasi pasang-surut harian terhadap besarnya konsentrasi sedimen melayang diangkut. Apakah mewakili data yang diinginkan?

  6. ni saya mau nanya apa ada hubungan antara Kondisi Tututpan Lahan,debit,dan curah hujan serta perhitungan debit dengan menggunakan MS Terukur Kolin (sebagai Bahan Skripsi)
    Tolong Bantuan Ya.

  7. oktovianus elabi

    saya mau tanya tentang perhitungan debit air di dalam pipa intek pada plta. kal ada refrensi tlg krm ke E-mail saya.
    makasih pak

  8. eka

    Asslm…
    trimakasih info’nys..
    saya ingin menanyakan ap hub laju infiltrasi dengan debit air terhadap luasan wilayah yang dapat di aliri air..???
    trimaksih…

  9. Firman Hidayat

    Terimakasih atas pengetahuan suspensi nya,, saya sdg, dalam penyusunan proposal disertasi utk penelitian tentang erosi, sedimentasi dan debit, apakah untuk ke tiga paramater ini dapat kita lakukan di bendung yang merupakan pintu saluran utama irigasi besar? boleh saya mendapatkan keterangan tambahan lagi tentang metoda pengukuran ketiga parameter tersebut? terimakasih atas jawabannya,, semoga jadi ibadah,, Amin

  10. halifa

    assalamualaikum

    salam kenal saya Ifa
    Pak, saya sedang dalam taha[ penyusunan skripsi, yang mengkaji tingkat sedimen di Sub DAS Ea kota Kendari, kalau boleh mohon bantuan tentang kriteria konsentrasi sedimen

    terima kasih atas perhatianya………….
    bila tidak memberatkan jawaban pertanyaan dapat di kirim lewat email saya.

    Wassalamualikum

  11. Sigit

    Alow mz Hatma, mau nanya
    1. metode dan alat ukur suspendedluad dan badload apa yng praktis?
    untuk alatx tipenya apa saja, beli dimana?

    Maturnuwun.Sigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *